Cara Mengatasi Jerawat Menjelang Menstruasi

Jerawat memang kerap kali muncul menjelang menstruasi. Memang banyak sekali faktor yang dapat memicu terjadinya jerawat. Jerawat dapat menyerang siapa saja tidak peduli pria maupun wanita. Namun umumnya jerawat pada wanita timbul jelang mensturasi. Hal tersebut dapat terjadi karena hormon yang tidak senimbang sehingga menyebabkan produksi minyak dan lemak berlebih.

Selain terjadi menjelang menstruasi, jerawat karena factor hormonal juga dapat terjadi pada saat masa puber dan kehamilan. Untuk dapat mengatasinya, Anda dapat mencoba beberapa tips dibawah ini seperti yang dikutip dari wolipop.detik.com.

Cara Mengatasi Jerawat Menjelang Menstruasi


Cara Mengatasi Jerawat Menjelang Menstruasi

Mencegah lebih baik dari pada mengobati
Sebelum terjadi jerawat, ada baiknya Anda melakukan pencegahan sehingga jerawat tidak dapat muncul pada wajah. Pada saat menjelang menjelang haid, Anda dapat mengoleskan krim jerawat atau lebih rajin membersihkan wajah dengan salicylic acid dan benzoyl peroxide.  

Kurangi makanan junk food
Makanan yang banyak mengandung minyak dapat membuat jerawat mudah untuk keluar. Oleh sebab itu kurangi makanan junk food. Cara terbaik untuk mengatasi jerawat karena pengaruh hormon adalah dengan diet sehat. Banyaklah makan sayur serta buah sebagai detoksifikasi atau pembuangan racun tubuh.

Konsumsi Suplemen
Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, dapat memberikan perubahan baik bagi kulit dan kesehatan. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mencoba meminum suplemen atau vitamin tambahan seperti zinc atau minyak ikan. Dengan mengkonsumsi suplemen tersebut dapat mengontrol minyak dan detoksifikasi kulit.

Menjaga kebersihan wajah
Untuk menjaga jerawat agar tidak muncul lagi, sebaiknya Anda secara rutin membersihkan wajah. Dengan mencuci wajah tersebut dapat membersihkan kotoran dan sel-sel kulit yang telah mati.

Konsumsi teh hijau
Minuman teh hijau memang sangat terkenal sebagai minuman pembuang racun. Selain itu teh hijau yang bermanfaat ganda untuk menyehatkan kondisi kulit. Kandungan teh hijau dapat melawan inflamasi, meningkatkan kadar hormon dan menyeimbangkan insulin yang berkontribusi pada jerawat.

Jika beberapa cara menghilangkan jerawat diatas sudah Anda lakukan namun tetap saja jerawat muncul bahkan semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit. Penanganan yang tepat dapat menyembuhkan jerawat Anda secara maksimal. 

Semoga sedikit ulasan tentang cara mengatasi jerawat menjelang menstruasi diatas dapat menjadi solusi bagi wanita pada umumnya. Selamat mencoba!