Cara Mengatasi Jerawat Dengan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan salah satu bahana lami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti alergi, komedo hitam, komedo putih dan gatal.

Minyak cengkeh adalah olahan yang dibuat dari bahan cengkeh sehingga dapat kita gunakan untuk perawatan kecantikan. Cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah yang dibawa oleh VOC belanda pada jaman penjajahan dahulu. Cengkeh juga merupakan salah satu komoditi yang sangat mahal sehingga tidak heran jika dahulu VOC benar-benar ngotot untuk menanam cengkeh di Indonesia.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Minyak Cengkeh



Cengkeh adalah tanaman tropis yang dapat berfungsi sebagai analgesik, anti peradangan, antibakteri, antiseptik, dan juga pereda rasa nyeri. Dapat kita gunakan untuk campuran obat-obatan, dan cengkeh ini akan mencegah jerawat semakin parah dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Minyak cengkeh dapat kita gunakan untuk mengatasi berbagai macam jerawat mulai dari jerawat batu, jerawat kemerahan karena hormon juga bisa diatasi dengan minyak cengkeh ini. Minyak cengkeh memiliki aroma harum dan rasa yang hangat sehingga jerawat akan perlahan kering kemudian sembuh tak meninggalkan bekas.

Seperti yang dikutip dari vemale.com, untuk menggunakan minyak cengkeh ini sangatlah mudah. Kita hanya cukup mengoleskannya saja pada daerah yang berjerawat kemudian diamkan semalaman. Namun ada yang harus diperhatikan dalam penggunaan minyak cengkeh ini, berikut ini beberapa hal yang harus Anda tahu dari pemakaian minyak cengkeh:
  • Formula minyak cengkeh sangat kuat, sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Oleh sebab itu disarankan penggunaannya diimbangi dengan formula minyak lain. Dan hanya digunakan pada bagian kulit yang meradang saja.
  • Karena dapat menyebabkan terbakar, maka minyak cengkeh harus disimpan pada tempat yang dingin dan sejuk. Serta janga diaplikasikan dengan bahan kimia lain, kecuali minyak alami saja atau air.
  • Minyak cengkeh dapat menyebabkan reaksi alergi, sehingga Anda dapat melakukan tester dengan mengoleskan terlebih dahulu pada bagian tubuh lain misalnya tangan atau punggung sebelum digunakan pada wajah.
  • Minyak cengkeh alami hanya boleh digunakan dengan resep dokter.
  • Tidak boleh diaplikasikan bersamaan dengan krim atau obat lain.
Beberapa bahan alami lain yang boleh dicampurkan dengan minyak cengkeh adalah minyak lavender, minyak citrus, tea tree oil, minyak zaitun, dan air. Cara menghilangkan jerawat memang sangat baik menggunakan bahan alami, jadi jika Anda berjerawat tida usah bingung dan galau lagi. Selamat mencoba cara mengatasi jerawat dengan minyak cengkeh diatas!