Penyebab Jerawat Pada Usia Dewasa

Penyebab jerawat pada usia dewasa memang berbeda dengan penyebab jerawat pada usia muda atau usia remaja. Jika pada masa puber jerawat lebih disebabkan karena adanya perubahan hormone sehingga mengakibatkan produksi minyak berlebih. Karena banyaknya produksi minyak tersebut sehingga menyebabkan penyumbatan yang disertai dengan peradangan pada pori-pori kulit. Namun tidak demikian pada usia dewasa, ada beberapa faktor yang menyebabkan jerawat muncul pada usia tersebut.

Jerawat ternyata tidak hanya muncul pada usia remaja saja, meskipun kita sudah tidak remaja lagi terkadang jerawat masih saja menyerang. Memang sangat mengganggu jika memiliki jerawat pada wajah. Lantas apa saja penyebab jerawat pada usia dewasa ini? Berikut ini beberapa penyabnya seperti yang dikutip dari wolipop.detik.com.

Penyebab Jerawat Pada Usia Dewasa


Penyebab Jerawat Pada Usia Dewasa

Peradangan
Peradangan pada dapat terjadi karena stress, kulit terkena sinar matahari, sel-sel darah putih naik ke permukaan kulit. Sehingga beberapa hal tersebut menyebabkan terjadinya jerawat. Untuk dapat mengatasi hal tersebut Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung anti-inflamasi seperti sayuran hijau dan berry.

Terlalu Banyak Sebum
Sebum merupakan minyak alami yang berkembang pada kelenjar kulit. Dalam batas normal, sebum memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari elemen-elemen asing. Namun jika sebum tersebut terlalu banyak maka dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga terjadi jerawat.

Bakteri
Jerawat dapat terjadi karena bakteri, biasanya disebabkan oleh kondisi kulit yang kotor akibat polusi, debu, dan kotoran lain sehingga bakteri mudah menempel dan berkembangbiak. Oleh sebab itu sangat penting menjaga kebersihan kulit wajah dengan cara mencucinya setelah beraktivitas.

Folikel Tersumbat
Jerawat juga dapat terjadi karena adanya folikel yang tersumbat. Ketidakseimbangan hormon bisa menjadi penyebab tersumbatnya folikel. Jerawat dapat teratasi dengan penyembuhan yang mengandung asam salisilat.

Sering mengkonsumsi makanan cepat saji dan olahan
Makanan cepat saji dan olahan seperti nugget dan sosis dapat menyebabkan jerawat terutama pada daerah dahi, hidung dan dagu. Untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi sayuran, daging dan ikan segar serta buauh-buahan.

Sel-sel kulit mati yang menumpuk
Dengan bertambahnya usia seseorang dapat menyebabkan pergantian sel melambat, kemudian menyebabkan sel-sel kulit yang telah mati menumpuk sehingga terjadi penyumbatan dan terjadi jerawat. Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan pengelupasan kulit dengan dengan scrub khusus wajah atau alat khusus yang dikerjakan oleh ahlinya. 

Sering memakai make up tebal
Ketika Anda menggunakan kosmetik berbahan dasar minyak atau menggunakan make-up yang sangat tebal maka dapat memicu timbulnya bakteri, dan tentunya berakhir dengan jerawat. Sebaiknya beralihlah ke make-up yang berbasis mineral dan berlabel noncomedongenic.

Dengan mengetahui penyebab jerawat pada usia dewasa diatas, dapat membantu Anda untuk menentukan cara menghilangkan jerawat secara tepat dan maksimal.