Tips Menghindari Wajah Berlubang Setelah Berjerawat

Setelah jerawat, biasanya kita masih dihadapkan oleh satu masalah lagi yang tidak kalah memusingkan dengan jerawat. Apakah Anda pernah mengalami wajah bopeng atau berlubang akibat jerawat? Tentu saja bekas jerawat tersebut sangat mengganggu. Bahkan terkadang bekas jerawat tersebut lebih sulit dihilangkan dari pada jerawat itu sendiri.

Mengapa bekas jerawat seperti wajah bopeng dapat terjadi? Kemungkinan besar Anda mengalami jerawat yang sangat parah sehingga peradangan jerawat tersebut mencapai lapisan terdalam dermis sehingga lapisan jaringan tersebut menjadi rusak. Inilah yang menyebabkan wajah Anda menjadi berlubang dan terlihat seperti permukaan bulan.

Tips Menghindari Wajah Berlubang Setelah Berjerawat


Tips Menghindari Wajah Berlubang Setelah Berjerawat

Seperti yang dikutip wolipop.detik.com, Anda dapat mencegah terjadinya wajah bopeng atau berlubang tersebut sebelum terjadi. Karena jika wajah Anda sudah terlanjur bopeng, maka akan sangat sulit sekali untuk diatasi. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menghindari lubang akibat bekas jerawat.

Atasi jerawat dengan segera
Sebaiknya segera atasi jerawat yang menyerang wajah Anda dengan segera tanpa menunda. Karena meskipun jerawat pada wajah Anda tergolong ringan, jika tidak segera diobati maka akan menimbulkan peradangan dan bagian kulit terdalam dapat terluka. Jaringan tersebut dapat hilang karena jerawat, maka sangat sulit untuk tumbuhnya jaringan. Akibatnya kulit pada daerah berjerawat itu akan berlubang. Anda dapat segera mengatasi jerawat tersebut dengan membeli cream, lotion atau gel. Salah satunya adalah paket jerawat Anaina Skincare.

Jangan memencet jerawat
Jangan pernah sekalipun memegang, memencet atau mengutak-atik dan tidak melakukan stimulasi apapun pada jerawat tersebut. Karena dengan memencet jerawat, justru akan membuat kulit membengkak dan membutuhkan waktu lama untuk memulihkannya. Pembengkakan yang terjadi tersebut karena adanya luka yang menjadi infeksi dan timbul bakteri.

Hindari make up
Make up dan moisturizer merupakan bahan-bahan yang dapat menstimulasi jerawat sehingga menyebabkan jerawat semakin parah. Jika Anda memiliki wajah berminyak, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan moisturizer. Namun jika kulit Anda kering maka dapat menggunakan pelembab yang berbahan dasar air kerena lebih aman, itupun dipakai tidak pada bagian wajah yang berjerawat.

Jika terpaksa harus menggunakan jerawat, maka Anda dapat menggunakan bedak tabur karena lebih memiliki kandungan yang ringan dari pada bedak two way cake. Aplikasikan tipis-tipis saja bedak tabur tersebut pada wajah Anda.

Hindari Facial
Salah satu cara untuk mengeluarkan kotoran dari wajah adalah dengan facial. Namun pada saat kulit wajah Anda sedang meradang, maka jerawat tidak boleh dikeluarkan secara paksa. Jika dilakukan maka dapat membuat peradangan menjadi lebih dalam dan tentu saja dapat membut bekas jerawat berlubang.

Konsultasi ke Dokter
Terakhir, jika jerawat tidak kunjung sembuh maka Anda dapat segera konsultasikan ke dokter ahi kulit yang akan memeriksa seberapa parah jerawat yang Anda alami.

Cara menghilangkan jerawat memang harus baik dan benar. Dengan mengetahui beberapa tips menghindari wajah berlubang setelah berjerawat diatas dapat menghindarkan Anda dari hal-hal yang justru menambah parah masalah kulit yang Anda alami. Selamat mencoba!