Cara Menghilangkan Jerawat di Hidung Secara Maksimal

Jerawat di hidung merupakan salah satu jerawat yang sangat sakit sekali, selain sakit biasanya juga membutuhkan waktu lama untuk penyembuhannya. Memang jerawat dapat muncul dimana saja, bisa di pipi, dahi, dagu dan pada daerah hidung.

Selain dapat mengganggu penampilan wajah, dengan adanya jerawat pada hidung biasanya dapat menyebabkan susah tidur dan sakit kepala. Tentu sangat menyiksa jika memiliki jerawat pada hidung. Lantas bagaimana cara meghilangkan jerawat tersebut? Berikut ini ulasannya seperti yang dikutip dari vemale.com.

Cara Menghilangkan Jerawat di Hidung


Cara Menghilangkan Jerawat di Hidung

Penyebab jerawat pada hidung sama seperti penyebab jerawat pada umumnya, yaitu penyumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit oleh sel-sel kulit yang telah mati bercampur dengan kotoran lain sehingga menyebabkan terjadinya peradangan dan akhirnya menjadi jerawat. Oleh sebab itu kebersihan kulit wajah sangat penting. Cara membersihkan pori-pori kulit dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jerawat yang muncul.

Untuk menyembuhkan jerawat di hidung memang tidak mudah, membutuhkan proses karena ia tumbuh mengakar dan seperti membuat rumah di sana. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

Jangan memegang jerawat
Memegang jerawat menggunakan tangan secara langsung merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari. Karena tangan merupakan sumber bakteri, jika Anda sering memegang jerawat maka kemunginan besar dapat menyebabkan jerawat semakin meradang.

Jika jerawat Anda sudah pecah, maka Anda dapat membersihkannya menggunakan tisu basah hingga beberapa detik sampai luka bekas jerawat tertutup.

Mencuci wajah secara rutin
Dengan mencuci wajah secara rutin kurang lebih empat sampai lima kali dalam sehari dapat membantu Anda untuk mengurangi kadar minyak di wajah. Selain itu, Anda bisa membantu membersihkan debu dan kotoran agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Namun jika Anda merasakan nyeri pada wajah, maka Anda dapat mengompres wajah yang berjerawat dengan es batu. Karena es batu dapat mengurangi peradangan jerawat.

Jangan memencet jerawat
Jangan pernah memencet jerawat karena dapat menimbulkan bekas jerawat yang susah untuk dihilangkan. Jerawat yang di pencet dapat meninggalkan bekas luka yang akan terlihat. Jika jerawat masih terlihat meradang dan merona kemerahan, maka biarkan saja terlebih dahulu. Biarkan sampai nanahnya keluar sendiri dan baru diobati.

Gunakan scrub oatmeal
Oatmeal dapat Anda jadikan scrub yang akan mengangkat sisa sel kulit mati dan debu kotoran pada hidung. Anda dapat melakukannya setidaknya dua kali sehari dalam dua minggu, maka jerawat di hidung akan sembuh.

Gunakan tea tree oil
Tea tree oil dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda dapat menggunakannya pada malam hari dengan cara memassage area berjerawat dengan menggunakan tea tree oil. Biasanya pada keesokan harinya jerawat akan kempes dan peradangannya menjadi berkurang.

Lakukan penguapan
Penguapan tidak akan membuat pori-pori wajah Anda menjadi besar, justru dengan melakukan penguapan maka pori-pori kulit akan membuka dan membantu mengeluarkan minyak berlebih di wajah. Setelah 20-30 menit maka pori-pori kulit Anda harus segera ditutup kembali dengan menggunakan es batu atau air es.

Untuk menghilangkan jerawat memang harus telaten dan sabar, namun dengan perawatan yang rutin dapat membuat jerawat Anda cepat sembuh dan tidak muncul lagi. Semoga cara menghilangkan jerawat di hidung diatas dapat membantu masalah Anda. Selamat mencoba!