Cara Menggunakan Make Up Saat Berjerawat

Timbulnya jerawat bisa dipengaruhi oleh penggunaan make up, namun bukan berarti Anda tidak boleh memakai make up pada saat berjerawat. Oleh sebab itu pemilihan dan penggunaan make up yang tepat dapat membantu Anda untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Pada saat Anda berjerawat, biasanya terjadi peradangan pada kulit. Penggunaan make up yang tidak tepat dapat memperparah jerawat yang Anda miliki. Namun Anda masih tetap bisa tampil cantik dengan menggunakan make up meskipun sedang berjerawat. Berikut ini beberapa tips yang Anda coba seperti yang dilansir dari wolipop.detik.com.

Cara Menggunakan Make Up Saat Berjerawat

Cara Menggunakan Make Up Saat Berjerawat

Bersihkan spons make-up secara rutin
Spons dan brush make-up merupakan salah satu penyumbang bakteri yang dapat menempel pada kulit wajah. Karena wajah yang berjerawat sangat sensitif terhadap bakteri oleh sebab itu cucilah aplikator kosmetik minimal satu bulan sekali, jika perlu seminggu sekali agar jerawat tidak semakin parah.

Pilih kandungan kosmetik yang aman
Bagaimana cara mengetahui kosmetik yang aman untuk wajah jerawat? Anda dapat memilih kosmetik yang oil-free (tidak mengandung minyak) dan non-comedogenic (tidak membuat kulit berkomedo) biasanya tertera pada labelnya. Dua jenis kosmetik tersebut baik dan cocok untuk jenis kulit berjerawat. 

Pilih pelembab yang tepat
Sama seperti pemilihan kandungan kosmetik, pemilihan pelembab sebaiknya yang berlabel oil-free dan non-comedogenic. Namun untuk pelembab, Anda juga harus memilih teksturnya. Anda dapat memilih pelembab yang berbentuk lotion dan berbahan dasar dasar air seperti gel. Sedangkan untuk sunblocknya, pilihlah kandungan SPF yang rendah. Karena semakin tinggi kandungan SPF maka semakin banyak pula minyak yang terkandung. Anda dapat menggunakan tabir surya dengan SPF paling tinggi maksimal 30.

Mineral make-up
Mineral make-up sangat kecil kemungkinannya iritasi dan juga tidak menimbulkan komedo. Oleh sebab itu mineral make-up aman bagi kulit sensitif, termasuk kulit yang berjerawat.

Foundation dan bedak
Cara memilih foundation yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap jerawat Anda. Pilihlah alas bedak yang cair dan bedak jenis tabur untuk merias wajah sehari-hari. Sebaiknya hindari penggunaan bedak padat seperti bedak two-way cake karena dapat menyumbat pori-pori kulit.

Sabun wajah
Gunakan sabun wajah yang mengandung surfactant, karena kandungan tersebut dapat menghilangkan sebum (minyak alami kulit) yang berlebih. Selain itu kandungan lainnya yang juga bagus adalah synthetic detergen yang diperkaya dengan komponen minyak sehingga dapat mempertahankan keseimbangan fisiologis dari permukaan kulit.

Cara menghilangkan jerawat yang salah juga salah satu faktor yang dapat memperparah jerawat Anda. Oleh sebab itu perawatan yang baik dan benar harus Anda lakukan. Semoga sedikit ulasan cara menggunakan make up saat berjerawat diatas dapat bermafaat.