Cara Mengatasi Jerawat Hormonal Dengan Vitamin

Jerawat hormonal merupakan jerawat yang terjadi karena perubahan hormon sehingga menyebabkan bertambahnya produksi kelenjar minyak akibat peningkatan jumlah testosterone. Semakin banyaknya produksi kelenjar minyak pada wajah tersebut mengakibatkan pori-pori ikut membesar dan bakteri mudah bersarang di dalamnya.

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah jerawat, khususnya wanita. Karena wanita memiliki siklus bulanan sehingga setidaknya sekali dalam sebulan wanita mengalami jerawat karena perubahan hormon menjadi tidak stabil sebelum datang bulan. Namun ada juga wanita yang sepanjang hidupnya harus menderita jerawat karena harus bangun setiap pagi dengan jerawat di wajahnya.

Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

Cara Mengatasi Jerawat Hormonal Dengan Vitamin

Ternyata jerawat hormonal tersebut dapat kita rawat sehingga dapat diatasi secara maksimal dengan mengkonsumsi vitamin tertentu secara rutin. Lantas vitamin apa saja yang dapat kita gunakan untuk mengatasi jerawat tersebut? Berikut ini beberapa vitamin yang bisa Anda gunakan seperti yang dikutip dari vemale.com.

Vitamin A
Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1985 menunjukkan bahwa orang yang berjerawat memiliki kadar retinol lebih rendah dalam tubuhnya dibanding orang yang tidak berjerawat. Retinol merupakan Vitamin A yang dapat mengurangi munculnya jerawat karena perubahan hormone. 

Vitamin A juga mengandung beta-karoten, yaitu sebuah senyawa yang dapat melindungi kulit dari bakteri pemicu jerawat. Oleh sebab itu Vitamin A dapat kita konsumsi untuk mengatasi jerawat, namun jangan berlebihan karena dapat menjadi racun dalam tubuh. Jumlan Vitamin A yang dianjurkan adalah 15 mg per hari.

Vitamin C
Selain dapat berfungsi untuk membantu menjaga kekebalan tubuh dan melawan infeksi, Vitamin A ternyata juga dapat berperan penting dalam membantu pertumbuhan jaringan dan mempercepat proses penyembuhan. Dengan mengkonsumsi Vitamin C setidaknya 1000mg per hari dapat membantu Anda untuk mengurangi jerawat hormonal, akan lebih maksimal jika diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Vitamin E
Vitamin E mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak membran sel. Selain itu, Vitamin E berperan penting untuk menjaga kadar retinol dalam tubuh dan mencegah oksidasi asam lemak tak jenuh di dalam sel yang dapat menyebabkan efek racun. Jumlah dosis Vitamin E yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah 400 I.U setiap hari.

Wajah berjerawat memang membutuhkan perawatan yang maksimal, cara memilih pembersih untuk wajah berjerawat juga harus tepat karena dapat merawat wajah berjerawat agar dapat cepat sembuh secara maksimal. Selain itu, cara menghilangkan jerawat juga harus tepat agar tidak menimbulkan bekas jerawat yang dapat menyebabkan masalah baru.